Sabtu, 05 Oktober 2013

ciri-ciri organisasi,unsur-unsur organisasi,dan teori organisasi



1.Ciri-ciri organisasi

Ciri-ciri organisasi merupakan secara bahasa adalah suatu kerjasama sekelompok manusia untuk dapat mencapai suatu tujuan bersama yang diinginkan dan mereka mau terlibat dengan sebuah peraturan yang sudah ada.organisasi bisa disebut juga sebagai suatu perkumpulan atau tempat untuk melakukan suatu kegiatan bersama dengan kelompok,supaya kita bisa mencapai tujuan yang diinginkan bersama.

Adapun ciri-ciri dari organisasi :
-          Adanya suatu komponen antara (bos dan pegawai)
-          Adanya suatu kerja sama (cooperative yang terstruktur dari sekelompok orang)
-          Adanya suatu tujuan
-          Adanya suatu sasaran
-          Adanya keterkaitan format dan tata tertib yang harus ditaati
 -     Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas


Menurut Berelson dan Steiner(1964:55) sebuah organisasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Formalitas, merupakan ciri organisasi sosial yang menunjuk kepada adanya perumusan tertulis daripada peratutan-peraturan, ketetapan-ketetapan, prosedur, kebijaksanaan, tujuan, strategi, dan seterusnya.
  2. Hierarkhi, merupakan ciri organisasi yang menunjuk pada adanya suatu pola kekuasaan dan wewenang yang berbentuk piramida, artinya ada orang-orang tertentu yang memiliki kedudukan dan kekuasaan serta wewenang yang lebih tinggi daripada anggota biasa pada organisasi tersebut.
  3. Besarnya dan Kompleksnya, dalam hal ini pada umumnya organisasi sosial memiliki banyak anggota sehingga hubungan sosial antar anggota adalah tidak langsung (impersonal), gejala ini biasanya dikenal dengan gejala “birokrasi”.
ciri-ciri organisasi sangat berkitan dengan unsur-unsur organisasi,dan teori organisasi ketiga hal yang disebutkan tadi masuk kedalam inti organisasi dan oleh sebab itu sebuah metode juga diperlukan unruk menyempurnakan suatu organisasi.

sebuah organisasi menunjukkan keeksistensian nya melebihi suatu kelompok lainnya.

Ada juga yang menyatakan bahwa organisasi sosial, memiliki beberapa ciri lain yang behubungan dengan keberadaan organisasi itu. Diantaranya ádalah:
  1. Rumusan batas-batas operasionalnya(organisasi) jelas. Seperti yang telah dibicarakan diatas, organisasi akan mengutamakan pencapaian tujuan-tujuan berdasarkan keputusan yang telah disepakati bersama. Dalam hal ini, kegiatan operasional sebuah organisasi dibatasi oleh ketetapan yang mengikat berdasarkan kepentingan bersama, sekaligus memenuhi aspirasi anggotanya.
  2. Memiliki identitas yang jelas. Organisasi akan cepat diakui oleh masyarakat sekelilingnya apabila memiliki identitas yang jelas. Identitas berkaitan dengan informasi mengenai organisasi, tujuan pembentukan organisasi, maupun tempat organisasi itu berdiri, dan lain sebagainya.
  3. Keanggotaan formal, status dan peran. Pada setiap anggotanya memiliki peran serta tugas masing masing sesuai dengan batasan yang telah disepakati bersama.
 dan dari beberapa pendapat dari para ahli yang ada ini bisa kita ambil suatu kesimpulan bahwa kita dapat membedakan yang mana organisasi dan yang tidak termasuk organisasi.

2.unsur-unsur organisasi

unsur-unsur organisasi adalah bagian terpenting didalam organisasi tersebut seperti halnya :

1. Manusia (Man).
2. Kerjasama.
3. Tujuan Bersama.
4. Peralatan (Equipment).
5. Lingkungan.
6. Kekayaan alam.
7. Kerangka/Konstruksi mental

tetapi dapat kita ambil kesimpulan unsur-unsur terpenting dalam suatu organisasi adalah hanya tiga :

 1. Manusia.
2. Kerjasama.
3. Tujuan bersama-sama.

ketiga unsur-unsur tersebut saling mempunyai keterkaitan satu sama lain yang,dan dari pendapat para ahli tidak juga dibenarkan satu sama lain tetapi teori terebut dapat melengkapi satu sama lainnya.

unsur-unsur oraganisasi akan mempunyai unsur-unsur organisasi lain yaiu :

• sebagai suatu tempat yang berfungsi sebagai wadah
• sebuah proses kerja sama terdiri dari dua orang
• mempunyai tugas dan jabatannya masing-masing
• adanya suatu tujuan tertentu

unsur-unsur organisasi sama halnya seperti metode dalam suatu organisasi karena ketiganya berperan dalam suatu organisasi.

3. teori organisasi

TEORI ORGANISASI adalah teori yang mempelajari kinerja dalam sebuah organisasi, Salah satu kajian teori organisasi, diantaranya membahas tentang bagaimana sebuah organisasi menjalankan fungsi dan mengaktualisasikan visi dan misi organisasi tersebut. Selain itu, dipelajari bagaimana sebuah organisasi mempengaruhi dan dipengaruhi oleh orang didalamnya maupun lingkungan kerja organisasi tersebut.





 daftar pustaka :

http://3rest.wordpress.com/2011/10/17/ciri-ciri-dan-unsur-unsur-organisasi/

 http://teori-organisasi-umum-1.blogspot.com/2013/05/ciri-ciri-organisasi.html






Tidak ada komentar:

Posting Komentar